Monday, October 27, 2014

Perjalanan Jakarta - Fukuoka

Karena saya membawa istri dan anak-anak saya, maka saya memilih maskapai yang cukup nyaman dan murah, yaitu Korean Air. Sebetulnya banyak yang lebih murah namun dirasa kurang nyaman buat anak-anak. Maskapai apa yang cocok dapat dilihat di situs:


Situs tersebut akan mencarikan alternatif rute ke Jepang (Fukuoka) dengan berbagai maskapai dan berbagai rute dan harga.

Karena saya memilih maskapai Korean Air, maka saya sekeluarga transit di Korea. Pada tanggal kami berangkat, Korean Air terdapat dua penerbangan, yaitu yang transit 50 menit dan yang transit 5 jam. Bila pergi sendiri mungkin sebaiknya memilih yang transit 50 menit. Namun karena saya membawa anak-anak, maka saya memilih yang transit 5 jam, sehingga bisa dipakai untuk istirahat.

Di Bandara Incheon, Korea, terdapat banyak fasilitas untuk beristirahat. Ada fasilitas kids care (bisa bermain perosotan dan ada fasilitas menyusui dan ganti popok). Ada juga kasur-kasur portable (seperti di pinggir kolam renang) yang bisa dipakai untuk tidur. Free Wifi sudah lumrah ada di bandara internasional. Pusat perbelanjaan dan food court pun banyak.


Karena salah satu anak saya masih berusia < 1 tahun. Maka saya pun memesan tempat duduk istri saya supaya dilengkapi dengan bassinet. Tidak semua tempat duduk di pesawat dapat dipasang bassinet, oleh karena itu bila ingin memesan tempat duduk yang dapat dipasang bassinet harus dari jauh-jauh hari atau cek-in paling awal. 

Gambar contoh bassinet didalam pesawat

Sesampainya di bandara Fukuoka, saya dan rombongan dari Indonesia dijemput oleh tutor kami. Dari Bandara Fukuoka sampai KIT international Residence sangat jauh sekitar 65 km dan memerlukan waktu sekitar 2 - 3 jam dengan menggunakan bus. Adapun rute yang kita lalui adalah sebagai berikut:

  1. Bandara International – Bandara domestik Fukuoka dengan Bus (Gratis)
  2. Bandara domestik Fukuoka – Stasiun / Terminal Kokura (1230 Yen)
  3. Stasiun / Terminal Kokura – KIT International Residence (Dijemput Asisten Profesor Lab KIT) 


4 comments:

  1. Makasih cak Baim. ditunggu disini yo... ^^

    ReplyDelete
  2. Pak, dari fukuoka ke kitakyushu university naik apa pak? Berapa biayanya?

    ReplyDelete
  3. Pak, dari fukuoka ke kitakyushu university naik apa pak? Berapa biayanya?

    ReplyDelete